Penginapan Lumbung ala Gili Trawangan

Gili Trawangan – Penginapan ga mungkin terlepas dari kegiatan travelling. Ada banyak pilihan penginapan saat kita berlibur, seperti hotel, hostel, dan lainnya. Di gili trawangan ada banyak hotel dan penginapan, mulai dari yang paling murah seperti guest house sampai villa dengan private pool yang harganya tentu tidak murah.

Keunikan penginapan-penginapan di gili trawangan ini karena bentuk bangunan penginapan yang menyerupai lumbung. Harganya pun masih terjangkau dibanding dengan villa dengan fasilitas private pool. Bosan dengan tempat menginap yang hanya berbentuk kamar biasa? Ga ada salahnya mencoba tempat menginap berbentuk lumbung ini.

Penginapan Cotton Tree Cottage

Di gili selama 2 malam saya mencoba 2 tempat penginapan berbentuk lumbung. Pilihan saya jatuh pada cotton tree cottage dan gili inlander.

Cotton Tree Cottage
Hari pertama saya pilih di Cotton tree cottage sesuai rekomendasi dari teman. Setelah sampai di pelabuhan di Gili Trawangan saya menghubungi pihak cotton tree dan kita dijemput di pelabuhan. Kita dijemput dengan staff cotton tree bernama Rozy, lalu kita berjalan ke penginapan karena memang lokasinya dekat.

Cotton tree ini memiliki 5 lumbung saja, jadi kalian harus book jauh2 hari sebelum menginap. Pemiliknya orang Itali tapi para penjaga cottage adalah orang asli lombok. Mereka semua baik dan ramah. Saat kita datang, langsung disuguhi welcome drink yang seger. Harga per malamnya IDR 400,000 untuk kamar standar dan IDR 475.000 untuk kamar family.

Room Family memiliki 2 lantai
Peralatan Perang 😀
Kamar Mandi Cottage
Kamar Mandi terbuka
Pagi hari kami bangun untuk berburu sunrise, udara digili sangat sejuk tanpa polusi. Sepeda kami kayuh sampai kepinggir pantai, setelah itu kami menuntunnya dan memarkirkan disebelah kami duduk.
Setelah matahari mulai meninggi, kami kembali ke penginapan, mandi dan breakfast. Menu di Cotton tree Cottage bisa dipilih sendiri sesuai keinginan. Saya jatuh cinta dengan menu breakfast yang disajikan. Pilihan saya adalah bacon and egg, beef salami.serta secangkir teh twining. Dengan harga penginapan yang terbilang murah dan terjangkau ini kita bisa merasakan pelayanan yang sangat baik dan menu breakfast yang ga ala kadarnya. Di hotel dengan harga berapa yang memberikan breakfast dan minuman sekelas teh twining? Disini kita bisa merasakan kemewahan yang terjangkau.
Lokasi Cotton Tree Cottage ini memang agak masuk tidak berada dipinggiran pantai, tetapi tidak terlalu jauh jika kita menggunakan sepeda.
Sepeda juga disewakan disini dengan harga IDR 35.000 / 24jam. Lebih murah daripada persewaan yang banyak terdapat di jalanan utama di pinggir pantai.

Gili Inlander Cottage

Penginapan di malam kedua, saya pindah di Gili Inlander yang saya dapat dari searching melalui booking.com Setelah check out dari cotton tree saya menghubungi gili inlander untuk dijemput. Rencananya sih saya mau jalan ke pelabuhan lagi tempat meeting point dengan orang gili inlander.
Mereka menjemput dengan cidomo (tanpa biaya tambahan) lumayan karena harga cidomo sekitar IDR 50.000 untuk sampai lokasi gili inlander.

Banyak pelajaran juga berlibur di gili trawangan ini yang ini benar-benar susah ditemukan di kota.
Setelah saya check out dari cotton tree, saya ditanya :
mau langsung pulang ke Bali ya?
lalu saya jawab dengan agak ga enak, “mau pindah penginapan mas”
Ya karena memang pengen mencoba penginapan lainnya. Eh tapi si penjaga cotton tree nya malah menyuruh kita tunggu di cotton tree aja, jadi orang gili inlandernya suru jemput di cotton tree.
Dia juga ikut bantuin cari tau dimana lokasi gili inlander. Dalam hati saya, biasa kan kalau sama-sama kerja juga saling bersaing ya. Kalau ini malah ga. Bahkan waktu saya menelepon ke pihak gili inlander, mas nya cotton tree yang bicara dengan pihak gili inlander lalu menjemput naik sepeda orang gili inlandernya untuk menunjukkan lokasi cotton tree tempat saya akan dijemput.

Ternyata gili inlander ini baru buka sekitar 1 bulan, jadi masih baru banget. Penginapannya berbentuk lumbung juga dengan fasilitas breakfast dan mendapat persewaan sepeda gratis.
Harga per malam yang saya dapat dari booking.com IDR 300.000 lebih murah daripada di Cotton Tree, pelayanannya sangat baik juga.
Secara keseluruhan saya lebih suka di cotton tree karena design interiornya lebih luas, rapi, selain itu lokasi penginapannya cotton tree lebih dekat dengan pusat keramaian di gili trawangan.
Tetapi untuk pelayanannya dua2nya TOP dah. Soal harga memang sedikit lebih mahal cotton tree, karena cotton tree harganya belum termasuk sewa sepeda.  Air panas di cotton tree selalu ada sampai malam hari, tetapi waktu itu saya di gili inlander, air panasnya tidak terlalu berfungsi. Tetapi keduanya punya kelebihan masing-masing.
Cotton Tree Cottage

Email : cottontreecottages@gmail.com
Telepon : +62 81236281105
Gili Inlander

Telepon : +6281907844740
Pembayaran bisa dilakukan langsung di penginapan saat kita datang.