Pantai-Pantai Belitung Timur

Belitung Timur – Di bandingkan dengan Belitung Selatan mungkin pantai-pantai di Belitung Timur kurang terkenal. Tapi pantai di Belitung Timur juga ga kalah bagus dengan pantai di Belitung selatan.

Di Pantai Membalong Belitung Timur

Setelah tadi kita wisata sejarah akhirnyaaa kita bisa menikmati ketenangan di pantai-pantai belitung. Maklum tadi pas kita ke museum kata dan replika SD Laskar Pelangi kita dateng barengan sama rombongan anak SD entah dari SD mana yang lumayan berisik hahahahaha maklum sih.

Beberapa pantai yang kita kunjungi di Belitung Timur. Tapi disana kita ga main air. Simpen tenaga buat hopping island besok di Belitung Selatan hihhihi

1. Pantai Serdang Manggar

Di pantai ini masih sepi banget n pasirnya masih halus n bersih. Sayang waktu kita kesana cuma mampir bentar karena tiba-tiba gerimis



2. Pantai Burung Mandi


3. Pantai Membalong

Dipantai ini batu dipinggir pantai gede-gede banget, hampir mirip dengan tanjung tinggi. Tapi jalanan untuk sampai ke pantai ini bener-bener perjuangan hahaha #lebay karena masih ada beberapa titik yang jalanannya belum beraspal jadi agak lama buat sampai kesana.

Jalanan menuju arah pulang yeeeey tapi ini jalanan belum beraspal. Semoga pemerintah setempat peduli n bisa memajukan jalanan Belitung.

Ada Apa di Belitung Timur?

Belitung Timur – Selain pantai, Belitung Timur punya banyak tempat yang bisa kita kunjungi. Museum Kata Andrea Hirata, 1001 warung kopi Manggar, Rumah Pak Wagub Ahok, Vihara Dewi Kwan Im, Waduk dll.

Belitung Timur lebih tepatnya didaerah manggar terkenal dengan 1001 warung kopi. Di pinggir jalan ada banyak warung kopi tinggal pilih mau berhenti dimana. Harga secangkir kopi juga tidak terlalu mahal IDR 5000.

Sebelum perjalanan kesana kita melewati rumahnya Pak Wakil Gubernur Ahok. Kata supir yang sekaligus Guide kita namanya Mas Wawan, di Belitung Pak ahok ini dikenal sangat baik oleh warga sekitar. Sempat mampir sebentar ke rumahnya Pak ahok dan ternyata di sebelah rumahnya itu dibuka untuk warga sekitar yang membatik dan menjual batiknya disana. Selain itu ahok yang pernah menjabat sebagai Bupati belitung katanya juga dikenal tegas dalam memimpin.

Rumah Pak Basuki a.k.a Ahok
Selain itu ada Vihara Dewi Kwan Im yang terkenal karena katanya sih paling canggih kalau mau ramal meramal dan Vihara ini juga merupakan Vihara paling tua yang ada di Belitung. Tapi waktu itu kita cuma foto-foto aja karena lebih pengen cepet ke pantai daripada di ramal ahahahaha biarkan semua yang akan terjadi menjadi misteri. *sok bijak*
Gerbang Vihara

Objek wisata lainnya adalah Bendungan Pice yang merupakan peninggalan jaman Belanda. Namanya diambil dari arsitek Belanda bernama Sir Vince.

Museum Kata Andrea Hirata

Belitung – Kalo di Bali ada Pabrik kata-kata “Joger” di Belitung punya museum kata milik Andrea Hirata. Bedanya disini ga jualan baju ya hihihihihi
Beliau adalah penulis dari novel yang membuat daerah Belitung menjadi terkenal karena film Laskar Pelangi.

Lokasi Museum Kata ini tidak terlalu jauh dari Replika SD Laskar Pelangi. Masih berada di area Belitung Timur.

Museum kata ini berada di sebuah rumah sederhana yang isinya disulap menjadi sebuah museum kecil. Bagi para pengunjung tidak ada tarif tiket masuk dan sejenisnya cuma ada semacam kotak dana seikhlasnya biasanya sih per orang IDR 2000 cuma kalau mau kasih lebih boleh-boleh aja
Do i Inspire you?

Di setiap sudut dinding didalam museum kata ini terpajang banyak figura dan poster2 yang berisikan kata2 yang menginspirasi. Ada juga foto-foto dari para pemain film Laskar Pelangi. Selain itu ada beberapa sampul novel karya Andrea Hirata lainnya.

Di belakang rumah, ada juga semacam dapur yang memang di desain jadoel. Sebenernya ga ngerti juga sih ini beneran jualan kopi atau ga, tapi di bawah papan kapur itu ada harganya hahahaa ga nanya2 juga. Kita disini cuma foto-foto n ngeliat2 aja.

Museum Kata Andrea Hirata
Jalan Laskar Pelangi No. 10
Gantong, Belitung Timur 33462
Indonesia
Website : http://www.museumandreahirata.com

Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Belitung Timur – Belitung menjadi objek wisata yang cukup diminati setelah adanya film laskar pelangi. Selain penasaran sama keindahan alamnya kita juga menyempatkan ke SD dimana para laskar pelangi dulu bersekolah.

Replika SD Muhammadiyah ini berada di atas bukit kapur, tapi sayangnya replikasi ini kurang terawat padahal ini menjadi Icon objek wisata Belitung. Kayu penyanggahnya juga udah ga tegak bediri.

Dibelakang Replika SD ini ada semacam danau hahaha ga ngerti juga deh ini apa cuma asal motret :))
Sebenernya bingung juga kesini mau ngapain. Ga ada yang bisa dilakuin selain foto-foto aja hehehe Tapi biasa yang suka komentar, ga ke Belitung kalo belum ke sini ke situ dsb. Yahh akhirnya kita mampir disini deh buat ngeliat Penampakan SD yang terkenal karena filmnya Laskar Pelangi

Babi Guling Pak Dobil VS Bu Oka

Bali – Makanan Khas di Bali yaa pastinya menu serba babi. Dari hasil baca-baca di blog orang, nemu 2 nama yang akan kita kunjungi yaitu babi guling Pak Dobil n Bu Oka yang katanya babi guling nya paling enak.

Babi Guling Pak Dobil
Babi Guling Bu Oka

 Dari rasanya sih menurutku lebih enak Babi Guling Pak dobil. Susah dijelasin juga ya enaknya dibagian apanya hihihi pokoknya lebih enak aja!

Kalau dari harga lebih murah Pak Dobil, yang paket Komplit + Sop nya 1 mangkok kalau pak Dobil itu harganya IDR 35.000 sedangkan di Ibu Oka IDR 55.000 untuk paket yang komplit dengan nasi dan sop terpisah.

Jam buka warung babi guling ini kalau Pak Dobil buka dari pagi jam 10.00 dan Bu Oka bukanya mulai jam 11.00 WITA

Resto Babi Guling Bu Oka

Kalau diliat dari restaurantnya, Bu Oka lebih besar dan bersih karena merupakan bangunan baru selain itu restauran Ibu Oka ini ada beberapa cabang, tapi waktu itu kita coba yang di ubud karena sejalan dengan perjalanan kita ke Kintamani. Kalau di Pak Dobil warungnya agak kurang nyaman karena kurang luas.

Berhubung kita waktu itu udah kelaparan banget abis dari main water sport di tanjung benoa, jadi kita ga sempet foto2in tempatnya pak Dobil hihihihi jadi ini gambar cari dari google

Babi Guling Pak Dobil

Jalan Srikandi No.9
Nusa Dua, Bali 80361
Indonesia
Telepon : 0361 – 771633

Babi Guling Ibu Oka 2

Jalan Tegal Sari No.2
Ubud, Bali
Telepon : 0361 – 976345