Dua Sisi Keindahan Phi-Phi Island dan Maya Bay

Phuket, Thailand – Apa yang pertama kali ada di pikiran anda ketika memutuskan untuk berlibur ke Phuket? Sewaktu ada promo heboh dari AA dan harga ke Phuket lumayan menggiurkan, yang pertama kali saya pikirkan adalah PhiPhi Island dan Maya Bay yang terkenal karena film The Beach.

Pantai yang diapit 2 tebing batu besar
Maya Bay
Setelah booking melalui Ms.Ladda, akhirnya kita bisa ke PhiPhi island di Hari ke 2 di Phuket. Keliling pulau di PhiPhi dan sekitarnya ini semacam open trip 1 hari dari pagi sekitar jam 08.00 sampai pukul 16.00. Pagi itu kita dijemput di hotel dengan mobil dan kita menjemput beberapa tamu lain untuk menuju Pelabuhan sebelum Island Hopping. 

Mobil yang menjemput kita
Pulau pertama yang kita singgahi yaitu Gua yang dihuni oleh monyet-monyet liar. Disana kita bisa melihat secara dekat habitat monyet yang ada disana.
Setelah singgah ke Viking Cave, kita melanjutkan perjalanan ke Maya Bay. Maya bay memiliki air berwarna hijau dan diapit oleh 2 tebing batu besar. Ini menjadi tempat paling favorite di PhiPhi Island Tour karena pemandangannya yang indah dan lokasi pantainya masih bersih.

Pemandangan di perjalanan menuju Maya Bay

Maya Bay
Air yang tenang diantara 2 tebing batu


Mungkin batu-batuan besar seperti ini juga ada di Indonesia, di sekitar pulau di ujung timur Indonesia. Sayang sekali untuk kesana lebih mahal daripada tiket ke Phuket. Pemandangan di atas perairan Maya Bay ini sangat indah dan siang itu cuaca sangat cerah.

Setelah mengexplore Maya Bay, kita melanjutkan perjalanan ke Pulau untuk makan siang. Paket One Day Tour PhiPhi Island ini sudah termasuk makan siang. Dengan harga per orang THB 1300 sudah termasuk makan siang, antar jemput ke hotel dan pelayanan yang sangat baik, harga ini sudah cukup murah. Makanan di Resto di Pulau juga berlimpah dan enak.

Resto didalam Pulau tempat kita makan siang
Setelah selesai makan siang kita lanjut untuk snorkeling disekitar PhiPhi Island. Okay pemandangannya ga kalah indah dengan Maya Bay, Masih tentang tebing batu-batuan besar yang mengelilingi lautnya. Warna air laut yang hijau jernih itu membuat mereka penghuni kapal ingin bergegas menceburkan diri ke dinginnya air laut di PhiPhi Island.

Abaikan dua lelaki disebelah :/


Snorkeling dengan backgroung Bebatuan 

Setelah selfie diatas air kami langsung menceburkan wajah ke dalam air dan ternyata pemandangan bawah laut PhiPhi tak seindah penampakannya dari atas.

Underwater Phi Phi Island

Sambil mengapung diatas air dan melepas snorkel dari mulut aku bertanya ke ko yudi,

“Kok kaya gini ya ko?” tanyaku

“Coba renang agak kesana aja, siapa tau beda” jawabnya.
Kita akhirnya berenang agak jauh dari spot kita tadi snorkeling, tetapi underwaternya masih sama saja. Banyak karang berwarna coklat yang sudah mati. Entah bagaimana mereka merawat karang disana, banyak yang mati, padahal PhiPhi merupakan tempat wisata andalan Phuket.
Underwater Phi Phi Island

Keindahan pemandangan di atas permukaan laut dan di bawah lautnya sangat berbeda. Padahal butuh waktu yang lama untuk menumbuhkan karang-karang dibawah laut. Kokohnya tebing-tebing yang mengelilingi laut Phi-Phi Island sebanding dengan underwaternya.

Bagus mana sama Underwater di Indonesia? 😀
Akhirnya kita hanya sebentar snorkeling dan kembali ke kapal, melanjutkan perjalanan pulang lagi ke pelabuhan untuk pulang menuju hotel. 

Secara keseluruhan memang pemandangan di Pulau ini masih sangat asri dan bersih ditambah dengan cuaca yang cerah membuat kita betah duduk bengong ngeliat air laut yang tenang. Hanya saja underwaternya kurang memuaskan karena banyak karang yang mati dan kurang terawat.



NB :
– Jika ingin island hopping ke PhiPhi Island dan pulau disekitar sebaiknya menginap disekitar Phuket Town daripada daerah Patong karena lokasi menuju pelabuhan lebih dekat.

– Harga 1Day tour PhiPhi Island + Maya Bay THB 1300 sudah termasuk PP Hotel-Pelabuhan, Makan siang, air mineral dan snack didalam speed boat

– PhiPhi Island dan James Bond island berada dilokasi yang berbeda sehingga membutuhkan 2x tour yang berbeda untuk mengexplore kedua Pulau yang terkenal tersebut

– Tour Phi-Phi Island yang biasa ditawarkan ada beberapa macam harga, tetapi masing-masing harga yang ditawarkan biasanya berbeda berdasarkan kapal yang akan mengangkut kita. Ada model long tail atau speed boat. 
Spread the love
Tagged : / / / / / / /

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *