5 Pelajaran Hidup di Usia 20-an

Di usia 20-an tahun, banyak hal baru yang terjadi dalam hidup seseorang. Perjalanan dari remaja menuju dewasa dimulai. Permasalahan dan tanggung jawab baru pun tiba. Itu lah mengapa di rentang usia ini banyak orang yang kebingungan dalam menjalaninya. Untuk membantu menjalaninya, berikut saya berikan 5 pelajaran hidup di usia 20-an tahun

1. Usia 20-an Bukan Satu-Satunya Fase Dalam Hidup

Film dan TV sering menggambarkan kehidupan di usia 20-an tahun sangat indah. Kamu akan menjalani persahabatan sejati, cinta yang tak terlupakan, dan pekerjaan impian. Hal tersebut membuat banyak orang ingin usia 20an terasa sempurna. Nyatanya kesempurnaan tersebut hanyalah satu sisi dari sebuah cerita.

Ketika masuk ke usia 20, kamu mulai menyadari sisi lain dari cerita tersebut. usia 20-an ternyata tidak terlalu menyenangkan. Ada tanggung jawab yang bertambah dan permasalahan-permasalahan baru. Meskipun begitu, Beranilah menghadapinya. Permasalahan tersebut merupakan sebuah proses pendewasaan, yang akan membuatmu semakin bijak dalam menjalani hidup.

2. Kamu Tidak Melakukan Sesuatu Untuk Dirimu Sendiri, Tetapi Untuk Dirimu di Masa Depan

Memang sangat penting untuk menikmati masa sekarang. Akan tetapi, perlu disadari bahwa apa yang kamu lakukan sekarang akan berdampak kepada dirimu di masa depan. Setiap kali akan menentukan sesuatu, cobalah bertanya kepada dirimu sendiri “apa yang aku di masa depan inginkan?”

Pilihanmu menentukan masa depanmu. Pemikiran seperti ini membantumu untuk berpikir secara jangka panjang. Ketika pilihanmu membuat masa depanmu lebih bahagia dan mempunyai hidup yang lebih baik, kamu tau bahwa itu adalah keputusan yang tepat. Seperti kata pepatah “apa yang kamu tanam, itu yang kamu tuai”.

3. Semua Orang Punya Permasalahan Masing-Masing

Media sosial membuat kita sering membandingkan diri dengan orang lain. Tak jarang, kehidupan orang lain terlihat lebih baik, bahkan sempurna. Padahal, hal yang terlihat itu hanyalah permukaan dari kehidupan seseorang. Kita tidak tau sepenuhnya apa yang terjadi di kehidupan seseorang. 

Gambaran kehidupan yang dibagikan di media sosial hanyalah versi terbaik mereka saja. Di balik itu, banyak permasalahan dan hal yang tidak menyenangkan. Kita semua berjuang menjalani kehidupan masing-masing. Daripada iri dan membenci kehidupan orang lain, lebih bijak untuk saling membantu dan berjuang bersama-sama.

4. Jangan Merasa Gagal di Usia 20an

Pasti kamu pernah melihat berita kesuksesan orang-orang di usia muda. Berita itu membuatmu merasa tertekan dan tertinggal. Segala hal yang kamu lakukan terasa sia-sia, karena kamu masih sangat jauh dengan mimpimu. Jika kamu merasa seperti itu, tenang saja. Kamu tidak sendirian. 

Apa yang kamu kejar belum tentu membahagiakanmu.

If you focus on what you lack, you lose what you have

If you focus on what you have, you gain what you lack

Kesuksesan tanpa rasa syukur akan membuat kamu kehilangan apa yang sudah kamu punya. Itulah mengapa bersyukur itu penting. Bersyukur lah terlebih dahulu sebelum mengejar kesuksesan.

5. Pilihan Sulit Membuat Hidup Mudah, Pilihan Mudah Membuat Hidup Sulit

Seorang atlit angkat beban bernama Jerzy Gregorek pernah berkata,

Hard Choices Easy Life

Easy Choices Hard Life

Maksud dari kutipan tersebut adalah ketika kamu memilih jalan hidup yang mudah hidupmu akan berakhir sangat sulit. Contohnya jika kamu hanya tiduran seharian, di usia 30 tahun kamu akan terbangun tanpa punya dan bisa apa-apa. Akan tetapi jika kamu memilih jalan yang sulit seperti belajar, berlatih, dan berkarya maka hidupmu akan berakhir mudah. Mungkin jalan yang sulit akan terasa tidak nyaman, akan tetapi hal itulah yang membuat kamu lebih berkembang dari versi kamu sebelumnya.

Perlu kedisiplinan untuk menjalaninya. Seiring berjalannya waktu, kedisiplinan itu akan memberikan buah berupa kebebasan dan hidup yang lebih mudah.

Itulah 5 pelajaran hidup di usia 20-an. Di dekade usia ini pasti akan banyak kesalahan yang kamu alami. Kesalahan wajar terjadi. Tidak perlu memikirkan secara berlebih tiap kesalahan yang terjadi. Overthinking hanya akan membuat kamu terperangkap dalam penjara pikiranmu sendiri. Cukup refleksikan saja kesalahan tersebut dan diambil pelajaran untuk masa yang akan datang. Semangat menjalani fase usia 20-an. Percayalah usaha tidak akan menghianati hasil.

Tagged : / /